Terus Libatkan Generasi Z untuk Regenerasi Potensi E-Sport di Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat
15 Jun 2024 | 14:27
Sampul Terus Libatkan Generasi Z untuk Regenerasi Potensi E-Sport di Jember
Peserta Bupati Cup Jember e-Sport Festival di Gedung Jember Nusantara, Sabtu (15/6/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat se-Kabupaten Jember terlihat antusias memainkan game online di handphone.

Sekitar 400 siswa-siswi yang tergabung dalam puluhan regu bertanding dalam Bupati Cup Jember e-Sport Festival pada Sabtu siang (15/6/2024) di Gedung Jember Nusantara.

E-sport adalah cabang olahraga pertandingan strategi yang dikemas dalam game online. Festival yang dilangsungkan oleh IESPA (Indonesian e-Sport Association) merupakan program rekreasi sekaligus regenerasi bakat-bakat generasi Z lewat game digital.

Ketua IESPA Achmad Fauzi menyampaikan jika pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat menyediakan arena pertandingan untuk menyaring bibit-bibit dari kalangan pelajar. 

Ada tiga games yang ditandingkan, yaitu Mobile Legend, Free Fire, dan e-Football. Dengan total hadiah Rp10 juta untuk para pemenang.

“Mengingat track record (rekam jejak) IESPA, tahun kemarin untuk kejuaraan PUBG kita bisa rebut medali emas di kejuaraan Forda Jatim. Kemudian dikirim ke Fornas, meskipun kami belum beruntung setidaknya potensi anak-anak Jember cukup mumpuni,” kata pria yang akrab disapa Fauzi itu.

Foto Antusias ratusan pelajar mengikuti kejuaraan Bupati Cup Jember e-Sport Festival (15/6/2024) (Foto: IESPA Jember)Antusias ratusan pelajar mengikuti kejuaraan Bupati Cup Jember e-Sport Festival (15/6/2024) (Foto: IESPA Jember)

Sementara, Kepala Dispora Jember Edi Budi Susilo menyampaikan, Bupati Cup Jember 2024 e-Sport Festival ini merupakan salah satu rangkaian olahraga rekreasi yang tengah diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember.

“Memang kami fasilitasi kepada organisasi-organisasi olahraga masyarakat untuk menggelar kejuaraan sesuai dengan bidangnya,” kata Edi saat dikonfirmasi usai pembukaan Festival e-Sport.

Meskipun hanya digelar satu hari saja, diharapkan ada pergantian atlet IESPA yang dinaungi oleh KORMI (Komite Olahraga Masyarakat Indonesia).

Meskipun sifatnya adalah olahraga rekreasi, ia menegaskan tidak memungkiri pemuda bertalenta akan dibimbing untuk kompetisi selanjutnya.

“Yang bagus bisa kita bina untuk persiapan kejuaraan kedepan, terutama Porprov juga Forda. Makanya sekarang kita terus menggali potensi-potensi pemuda,” pungkasnya.(*)


Tags:

e-Sport Bupati Cup Jember e-Sport Festival IESPA Jember Dispora regenerasi atlet

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: