1.174 CJH Kabupaten Pasuruan Siap Berangkat ke Tanah Suci

Jurnalis: Ahmad Zainurrifan
Editor: Marno
23 May 2023 | 20:17
Sampul 1.174 CJH Kabupaten Pasuruan Siap Berangkat ke Tanah Suci
KH Nurul Huda, ketua MUI Kabupaten Pasuruan saat memberikan pembekalan manasik haji. (Foto: Kemenag Pasuruan)

KETIK, PASURUAN – Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan memastikan 1.174 orang calon jemaah haji (CJH) yang siap berangkat di tahun 2023 ini. Keberangkatannya dibagi menjadi empat kloter d pada bulan Juni mendatang. 

Kasie Haji dan Umrah, Agus Suhaery mengatakan, pihaknya menerima data jemaah yang bakal berangkat tahun ini dari pusat sekitar 1.174 orang jemaah. 

"Kami sudah dapat jumlahnya. Itu sudah berdasarkan data dari kanwil," ujar Agus saat dikonfirmasi Selasa (23/5/2023). 

Diketahui, kuota awal CJH yang berhak melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) baik reguler maupun cadangan yakni 1.614 orang. Namun, yang bisa melunasi hanya ada 1.219.

Agus menyebut dalam pelunasan ada berbagai kendala. Semisal, mutasi dari Pasuruan keluar daerah dengan syarat disetujui daerah yang dituju. Selain itu, ada juga cadangan tak semuanya ikut dalam pemberangkatan. 

"Datanya bisa berubah nanti. Untuk mutasi keluar jumlahnya ada puluhan, jumlah pastinya lupa saya," katanya. 

Sementara itu, untuk jadwal keberangkatan Jemaah haji di Kabupaten Pasuruan tahun 2023 ini sudah ditetapkan oleh pusat. Yakni, kloter 51,52 dan 53 dijadwalkan berangkat pada Senin (12/6/2023). Sedangkan untuk kloter 66 berangkat 16 Juni 2023 mendatang. "Sudah dibagi menjadi 4 kloter untuk pemberangkatan Jemaah asal Kabupaten Pasuruan," bebernya. 

Ia berharap pemberangkatan haji tahun ini  berjalan dengan lancar. Meskipun, kemungkinan  ada beberapa jemaah batal.berangkat karena sesuatu hal. .(*)


Tags:

CJH Kabupaten Pasuruan Tanah Suci Makkah jemaah haji

Berita Lainnya oleh Ahmad Zainurrifan: