5.566 Peserta Berebut Kursi Jalur Mandiri Universitas Jember, Kuota 2.050 Mahasiswa

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat
4 Jul 2023 | 16:03
Sampul 5.566 Peserta Berebut Kursi Jalur Mandiri Universitas Jember, Kuota 2.050 Mahasiswa
Proses pengecekan komputer dan jaringan di seluruh lokasi UTBK SEMMABA Universitas Jember (Foto: Universitas Jember)

KETIK, JEMBER – Sebanyak 5.566 peserta telah mendaftar untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Mahasiswa Baru (SEMMABA) Universitas Jember tahun 2023. UTBK SEMMABA akan dilaksanakan mulai dari tanggal 5 hingga 9 Juli 2023 di Kampus Tegalboto. 

Wakil Rektor I, Prof. Slamin, menyampaikan bahwa SEMMABA merupakan jalur terakhir untuk menjadi mahasiswa baru di Universitas Jember angkatan tahun 2023.

Panitia SEMMABA Universitas Jember tengah mempersiapkan sarana, prasarana, bahkan tenaga pengawas untuk kelancaran 5.566 peserta mengikuti ujian besok.

“Tujuan pengecekan perangkat komputer dan jaringan serta gladi bersih guna memastikan sistem UTBK SEMMABA berjalan dengan baik,” jelas Slamin.

Terdapat 22 ruang UTBK yang tersebar di 15 lokasi ujian dengan 790 perangkat komputer yang tersedia di setiap sesi. Dalam satu hari dapat melayani 1.580 peserta dalam 2 sesi. Mereka akan diawasi secara ketat, dengan ketentuan setiap 20 peserta diawasi oleh 1 pengawas.

“Kami juga menggelar gladi bersih dengan menempatkan panitia yang menjalankan peran sebagai peserta ujian beserta uji kesiapan tim teknologi informasi dan komunikasi di seluruh lokasi ujian,” ulas Slamin.

Sementara itu, Wakil Koordinator Kehumasan Universitas Jember Rokhmad Hidayanto mengimbau kepada seluruh peserta UTBK SEMMABA Universitas Jember 2023 agar hadir satu jam sebelum jadwal ujian dimulai, agar leluasa mencari lokasi ujian dan mempersiapkan diri.

“Bagi peserta yang kebetulan memerlukan layanan khusus bisa menghubungi Humas Universitas Jember. Panitia akan berusaha memfasilitasi semua kebutuhan peserta UTBK SEMMABA,” Rokhmad.

Informasi tambahan, Universitas Jember merencanakan hanya menerima 2.050 calon mahasiswa baru dari jenjang diploma, sarjana terapan dan sarjana dari jalur SEMMABA Universitas Jember 2023. 

Jumlah tersebut adalah 25 persen dari total jumlah mahasiswa baru Universitas Jember angkatan 2023. (*)


Tags:

Universitas Jember SEMMABA seleksi mandiri mahasiswa baru 2023 jumlah penerimaan mahasiswa baru Jember

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: