Akademisi Unej Beberkan Faktor Penyebab Bibir Sumbing, Ada Paparan Pestisida

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa
2 Oct 2023 | 12:06
Sampul Akademisi Unej Beberkan Faktor Penyebab Bibir Sumbing, Ada Paparan Pestisida
Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Ulfa Elfiah (berkacamata), dan Departemen bedah plastik FK Universitas Airlangga Surabaya Dr. dr. Is Winarno Dodo Saputro (kiri) saat pembukaan bakti sosial operasi bibir sumbing (30/9/2023) (Foto: Humas Universitas Jember)

KETIK, JEMBER – Ada 13 pasien anak dari Karesidenan Besuki menjalani operasi gratis bibir sumbing dan langit-langit dari Bakti Sosial Fakultas Kedokteran Universitas Jember (Unej). 

Bakti sosial yang digelar di Rumah Sakit Paru Jember sejak tanggal 29 September sampai 1 Oktober 2023 juga melibatkan Departemen Bedah Plastik Universitas Airlangga.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Jember, dr. Ulfa Elfiah mengungkapkan, hingga saat ini sebanyak 200 pasien bibir sumbing telah menjalani operasi. Berdasarkan penelitian dan pemetaan, banyak pasien yang menderita bibir sumbing bertempat tinggal di daerah pegunungan.

dr. Ulfa memaparkan, penderita bibir sumbing dan langit-langit disebab banyak faktor baik itu keturunan dan lingkungan.

"Sebab itu terus dilakukan pengkajian masih sebatas pemetaan wilayah kasus bibir sumbing terbanyak sekitar pegunungan, dan yang kami temukan penggunaan pestisida sangat mempengaruhi kehamilan," imbuhnya.

Sementara, Departemen bedah plastik FK Universitas Airlangga Surabaya Dr. dr. Is Winarno Dodo Saputro, mengatakan penyakit ini memang belum diketahui secara pasti penyebabnya. 

Langkah preventif dapat dilakukan selama kehamilan ibu. Selain faktor genetika, kan tetapi kekurangan vitamin asam folat merupakan salah satu penyebabnya.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kelainan gen bisa terjadi karena rusak saat nutrisinya kurang bagus. "Yang sekarang sedang gencar-gencarnya mengatasi persoalan stunting, gen itulah yang menyebabkan cacat," ungkapnya. 

Sehingga di semester pertama, lanjutnya, biasanya ibu-ibu mengalami mual dan muntah itu akan menyebabkan kurangnya vitamin tersebut.

"Untuk ibu hamil di semester pertama diharapkan untuk segera konsultasi ke bidan atau dokter untuk mendapatkan vitamin-vitamin yang dibutuhkan dalam rangka perkembangan janin,” imbuhnya.

Terkait baksos operasi gratis bibir sumbing ini, merupakan wujud kepedulian Universitas Jember dengan dukungan Smile Train Indonesia terhadap masyarakat yang kurang mampu.

"Kami ingin membantu anak-anak yang menderita bibir sumbing agar dapat menjalani kehidupan yang normal, dan memberikan harapan baru dengan kondisi fisik mendekati normal lebih baik dari sebelumnya, serta memberi harapan lebih besar masa depan lebih ceria," pungkas dr. Ulfah.(*)


Tags:

Bibir sumbing faktor penyebab paparan pestisida genetik akademisi Unej Fakultas Kedokteran Unej FK Unair

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: