BRK Reborn: FKN Sulap Museum Kereta Api jadi Pameran UMKM Kopi

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin
20 Dec 2023 | 11:15
Sampul BRK Reborn: FKN Sulap Museum Kereta Api jadi Pameran UMKM Kopi
Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto bersama mantan Bupati Bondowoso periode 2008-2018, Amin Saad Husni saat meninjau stand pelaku UMKM kopi di FKN 2023 (Ari Pangistu for ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Festival Kopi Nusantara (FKN) VI dilaksanakan di Museum Kereta Api, Bondowoso selama dua hari, pada 19-20 Desember 2023.

Beragam kegiatan yang melibatkan berbagai pelaku kopi dan pelaku UMKM diselenggarakan dengan sangat meriah di acara yang kerap disebut Bondowoso Republik Kopi (BRK) reborn.

Bahkan, Dinas Pertanian, dan Ketahanan Pangan (DPKP) sebagai penyelenggara pun, berhasil menyulap Museum Kereta Api, menjadi lokasi FKN dengan sangat cantik.

Puluhan pelaku UMKM berjejer rapi di kanan kiri rel kereta api. Mulai dari pelaku UMKM kopi, batik, dan beberapa makanan khas Bondowoso.

Dalam kesempatan itu, mantan Bupati Bondowoso periode 2008 - 2018 yang menjadi penggagas Bondowoso Republik Kopi, Amin Said Husni juga turut hadir.

Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, mengatakan, sebagai daerah penghasil Kopi, Bondowoso merupakan satu-satunya kabupaten yang menggaungkan dan menobatkan diri sebagai Republik Kopi.

Saat itu, Presiden BRK, Amin Said Husni masih menjabat sebagai Bupati Bondowoso. 

"Dari gagasan itulah, pada 2016 lahirlah Bondowoso Republik Kopi (BRK). Berasal dari gagasan Amin Said Husni," ungkapnya.

Dengan adanya sinergitas saat itu, pada setiap even terlaksana dengan maksimal. Kemudian, saat ini Pemkab Bondowoso kembali menggeliatkan semangat masyarakat agar BRK kembali di hidupkan.

"Kita minta kegiatan ini bukan hanya sekedar FKN saja, akan tetapi bagaimana bisa kegiatan semacam ini bisa lebih kepada Bondowoso Speciality Coffee," paparnya.

Disamping itu, dengan dihidupkannya BRK, Pj Bupati Bondowoso memberikan atensi terhadap seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar mematenkan pada setiap kegiatan memakai Kopi asli Kabupaten Bondowoso.

"Wajibkan Setiap OPD memakai Kopi Asli Kabupaten Bondowoso pada setiap kegiatan. Terutama untuk memanfaatkan UMKM lokal Bondowoso," pungkasnya.

Untik informasi, FKN yang biasanya diselenggarakan setiap tahun ini, sempat vakum saat pandemi Covid-19. Kini kembali diselenggarakan sebagai ajang promosi kopi Bondowoso yang sekarang juga masuk dalam Ijen Geopark Bio Site. (*) 


Tags:

Bondowoso Bondowoso Republik Kopi #BRK Festival Kopi Nusantara Amin Said Husni UMKM Pj Bupati Bondowoso Bambang soekwanto Museum Kereta api

Berita Lainnya oleh Ari Pangistu: