Bulog Jember Serap 270 Ton Gabah untuk Penuhi Pasokan Beras Premium

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin
21 Mar 2024 | 11:10
Sampul Bulog Jember Serap 270 Ton Gabah untuk Penuhi Pasokan Beras Premium
Ilustrasi beras (Foto: bulog.co.id)

KETIK, JEMBER – Bulog mencatat telah menyerap sebanyak 270 ton gabah kering panen dari petani melalui sentra penggilingan padi Bulog di Jambearum, Kecamatan Puger. Dengan harga pembelian kisaran Rp 7.000-7.600 per kilogram.

Kepala Bulog Jember, Muhammad Ade Saputra menjelaskan, serapan Bulog dengan harga di atas Harga Pembelian Pemerintah (HPP) tersebut dapat dilakukan untuk memenuhi pasokan beras premium.

“Pastinya kami melihat kualitas serta mutu gabah dari petani, dan harus sesuai kualifikasi,” katanya, Kamis (21/3/2024).

Selain memasok beras medium cadangan bantuan pangan (CBP) pemerintah atau beras public services obligation (PSO) untuk operasi pasar atau bantuan pangan. Bulog juga memasok bahan baku beras premium kepada pengusaha.

Sementara untuk penyerapan gabah kering panen (GKP) sesuai HPP sebesar Rp 5.000 belum dilakukan Bulog. Bulog tidak dapat menyerap bila harga gabah di pasaran masih berada di atas HPP.

Saat ini Bulog menjual beras kualitas premium dengan harga Rp 13.900-14.200 per kilogram. Sedangkan beras medium rata-rata berada di harga Rp 10.900.

Belum lama ini, pemerintah melakukan kebijakan relaksasi dengan terus menggelontorkan beras ke pasar-pasar sebagai bentuk upaya memastikan ketersediaan beras dan stabilitas harga.

“Kemarin sudah ada relaksasi harga, kalau untuk penurunan harga beras sudah ada. Harga beras pada Februari akhir sampai Maret, ada penurunan 200 sampai 1.000 rupiah per kilogram, untuk beras premium. Kalau untuk yang beras medium, tentunya ikut turun,” lanjut Ade.

Sementara, pemerintah pusat belum mengeluarkan target serapan Bulog, termasuk untuk Jember. “Untuk penentuan target serapan masih dilakukan pembahasan oleh kementerian terkait dengan melihat kondisi dan potensi iklim cuaca yang ada di seluruh Indonesia,” tuturnya.(*)


Tags:

serap gabah kering panen Jember Bulog penuhi pasokan beras premium Beras

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: