Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid: Pemajuan Kebudayaan Jember Harus Konkret

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno
5 Jul 2023 | 18:40
Sampul Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid: Pemajuan Kebudayaan Jember Harus Konkret
Dialog Pemajuan Kebudayaan oleh Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid (kiri) bersama Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat Sjamsul Hadi (tengah) dan budayawan Jember, Rabu (5/7/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Upaya untuk menyusun pokok pikiran kebudayaan daerah di Kabupaten Jember terus bergulir. Terbukti, kunjungan Direktur Jenderal Kebudayaan Republik Indonesia (RI), Hilmar Farid, di Kabupaten Jember untuk berdiskusi mengenai pemajuan kebudayaan daerah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menyambut kedatangan Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid di Pendapa Wahyawibawagraha pada Selasa (4/7/2023) malam.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan dialog pemajuan kebudayaan ini merupakan upaya untuk mengenalkan para generasi muda akan budaya dan adat istiadat yang dimiliki Kabupaten Jember.

“Sehingga generasi mendatang tidak lupa akan budaya yang telah lahir sejak dulu dan patut dilestarikan,” ujarnya.

Sementara, Hilmar Farid membenarkan upaya dari Pemkab Jember dalam melestarikan kebudayaan lokal. “Bupati juga menyampaikan keinginannya untuk mulai fokus pada upaya pemajuan kebudayaannya,” terangnya usai acara Dialog Pemajuan Kebudayaan di Ballroom Hotel Bintang Mulia, Jember, Rabu (5/6/2023).

Dalam Dialog Pemajuan Kebudayaan tersebut, baik dengan staf pemerintahan maupun budayawan Jember, banyak isu yang dibahas salah satunya penetapan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD).

“Agenda pemajuan kebudayaan harus konkrit, harus dalam bentuk tindakan bukan hanya rencana kebijakan,” tuturnya.

Dirinya juga menyampaikan beberapa rencana pertemuan lanjutan membahas narasi kebudayaan yang akan disusun untuk merangkai kegiatan budaya yang beragam di Kabupaten Jember. 

“Kita ingin kegiatan yang cukup banyak ini bisa dirangkai jadi satu narasi, nah itu yang akan jadi fokus di pertemuan bulan Agustus,” imbuhnya.

Menurutnya pembentukan PPKD sangat penting dalam implementasi pelestarian budaya. “Upaya untuk memajukan kebudayaan ini harus ada landasannya,” tegasnya.(*)


Tags:

Dirjen Kebudayaan HIlmar Farid Dialog Pemajuan Kebudayaan pokok pikiran kebudayaan daerah Jember

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: