GenBI Jember Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Digital Sejak Usia Dini

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin
11 Nov 2023 | 18:30
Sampul GenBI Jember Tanamkan Jiwa Kewirausahaan Digital Sejak Usia Dini
Pemaparan materi Creative Entrepreneur oleh GenBI Jember kepada anak-anak Panti Asuhan Nur Iman (10/11/2023) (Foto: GenBI Jember)

KETIK, JEMBER – Komunitas mahasiswa penerima beasiswa Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember menanamkan kreativitas anak-anak dalam kewirausahaan digital sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin pesat.

Melalui program GenBI Mengajar (Bijar), para mahasiswa mengajak anak-anak panti asuhan Nur Iman memahami cara mengelola media sosial dan e-commerce untuk memulai mengembangkan bisnis secara online.

Tujuannya agar anak-anak belajar membuat produk yang layak jual, selain itu juga mampu memasarkan produk tersebut melalui e-commerce. 

Rangkaian kegiatan yang bertajuk One Step After dimulai dengan mengembangkan keterampilan membuat tas macrame, hanging wall dan gelang manik kepada anak-anak. Kemudian kegiatan puncak dari GenBI Mengajar Creative Home yang berkolaborasi dengan GenBI Preneur mengusung tema “Become a Creative Entrepreneur with GenBI”.

Yang berbeda dari Creative Home sebelumnya, Creative Entrepreneur berfokus pada pemasaran produk dengan pendekatan konten-konten digital.

Perwakilan Dewan Komisariat GenBI Jember, Farisca Yoan mengaku senang dapat memberi manfaat bagi anak-anak untuk mengenal kewirausahaan sejak dini. 

Kegiatan ini juga disambut dengan antusias oleh Ibu Ketua Panti Asuhan Nur Iman, Ibu Meiwati. “Harapan kedepan anak-anak dapat belajar dengan serius dan sebagai bekal mereka setelah lulus sekolah nanti,” ungkapnya

Fokus utama Creativepreneur tentang materi kewirausahaan tentang penggunaan media sosial e-commerce, cara berjualan di shopee, packaging dan foto produk, serta cara menyusun copywriting dan pricing oleh Team Leader GenBI Preneur Inanda Setiana Rohmah. 

Inanda, sapaan akrabnya menekankan bahwa keuntungan dengan menggunakan marketplace lebih mudah dijangkau, promosi lebih mudah dan tidak memerlukan banyak biaya, cukup dengan mengunggah foto.

Dibarengi dengan praktik yang didampingi tentang cara mengemas produk agar lebih menarik, foto produk yang baik, pembuatan akun marketplace dan menghitung penentuan harga barang. Sehingga pemasaran produk mereka dapat dijangkau lebih luas dan mudah didapatkan di marketplace.

Usaha ini dapat menjadi harapan untuk membantu mengangkat perekonomian mereka dan sebagai ide usaha mereka di masa depan.(*)


Tags:

Creative entrepreneur kewirausahaan digital marketplace GenBI Jember Jember Digitalisasi

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: