Ini Perbandingan Popularitas di Medsos dan Media Online Calon Bupati Lumajang

Jurnalis: Abdul Fatah
Editor: Marno
28 Apr 2024 | 06:35
Sampul Ini Perbandingan Popularitas di Medsos dan Media Online Calon Bupati Lumajang
H. Thoriqul Haq, Ir. Hj. Indah Amperawati dan Agus Setiawan (Foto : Abdul Fatah /Ketik)

KETIK, LUMAJANG – Tiga tokoh Lumajang yang disebut-sebut sebagai calon kuat Bakal Calon Bupati Lumajang mendapatkan respons positif paling kuat di media sosial dan media online.

Berdasarkan survei dari Semeru Political Centre (SPC), tiga nama itu adalah Mantan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, Mantan Wabup Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati dan Ketua Kadin Lumajang Agus Setiawan.

Sampai sejauh ini, mantan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq masih memimpin dari sisi interaksi di media sosial, disusul Bunda Indah dan pada peringkat ketiga ada nama Agus Setiawan.

Ungkapan atau respons netizen di media sosial yang terkait dengan H. Thoriqul Haq adalah berupa pertanyaan, apakah Cak Thoriq masih akan berpasangan dengan Bunda Indah ataukah akan maju sendiri-sendiri sebagai calon Bupati Lumajang.

Sementara pada interaksi media sosial yang terkait dengan Bunda Indah diisi konten bahwa Bunda Indah disebut sebagai calon pemimpin perempuan yang inspiratif.

Masih berdasarkan pantauan SPC, interaksi masyarakat dengan ketiga tokoh ini di media sosial dan media online masih didominasi warga Kabupaten Lumajang, yakni sebesar 72 persen sisanya dari berasal dari sejumlah Kabupaten yang berdekatan dengan Kabupaten Lumajang.

Sementara penilaian positif kepada tiga nama ini, Bunda Indah mendapatkan sentimen positif sebanyak 72 persen, H. Thoriqul Haq 56 persen, sedangkan Agus Setiawan 37 persen.

"Kami mengukur popularitas di media sosial dan media online menggunakan alat yang mampu mendeteksi kata kunci yang terkait dengan tokoh-tokoh yang kami survei," kata Rizky Fibri Co. Founder Lumajang Political Center.

Selain ketiga kandidat ini, ada sejumlah nama lainnya yang terpantau mendapatkan respons positif dan interaksi di media sosial. (*)


Tags:

Kandidat Bupati Lumajang Pilkada Lumajang berita lumajang hari ini

Berita Lainnya oleh Abdul Fatah: