Jelang Ramadan, Dishub Jember Terapkan Rekayasa Lalu Lintas

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno
20 Mar 2023 | 13:25
Sampul Jelang Ramadan, Dishub Jember Terapkan Rekayasa Lalu Lintas
Jl Samanhudi, Jember salah satu lokasi yang akan diterapkan rekayasa lalu lintas. (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Dinas Perhubungan (Dishub) Jember menyiapkan penyesuaian rekayasa lalu lintas (lalin) saat bulan Ramadan mendatang. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dishub Kabupaten Jember Agus Wijaya.

Agus menyebut ada rencana rekayasa lalin dari arah Jalan Sultan Agung menuju Jalan Samanhudi. “Artinya, volume kendaraan ada pengurangan karena dari Jalan Sultan Agung,  ada kendaraan yang mengarah ke Pasar Tanjung,” jelasnya.

Melansir akun Instagram resmi milik Dishub, @dinasperhubungankab.jember, sejak Senin (20/3/2023)  diberlakukan perubahan arus lalu lintas sementara. Rekayasa itu dilakukan untuk kelancaran arus lalu lintas selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Rekayasa lalu lintas diberlakukan pada jalan-jalan di pusat kota yang kerap menjadi pusat keramaian. Di antaranya meliputi Jalan Trunojoyo, Jalan Diponegoro, Jalan Samanhudi, Jalan Sultan Agung, Jalan Untung Surapati dan Jalan Ahmad Yani.

Dari Jalan Trunojoyo dapat belok kanan ke Jalan Diponegoro, selain itu kendaraan roda dua dan roda empatjuga dapat belok kanan ke Jalan Dr. Wahidin. Dan tidak dapat belok kanan ke Jalan Samanhudi.

Foto Potret Jalan Samanhudi, Kabupaten Jember (Foto: Dishub Jember)Potret Jalan Samanhudi, Kabupaten Jember (Foto: Dishub Jember)

Sedangkan Jalan Samanhudi, berlaku satu arah dari simpang 3 Jompo ke simpang 4 Pasar Tanjung. Serta dapat berjalan lurus ke Jalan KH. Shiddiq.

Sementara itu, dari Jalan Sultan Agung dapat belok kanan ke Jalan Samanhudi dan dapat berjalan lurus sampai dengan simpang 4 Pasar Tanjung dan belok kanan ke Jalan Cokroaminoto.

Serta dari Jalan Sultan Agung dapat belok kanan ke Jalan Diponegoro dan berjalan lurus sampai dengan Hotel 88. Kemudian belok kiri ke Jalan Gatot Subroto.

Dari Jalan Diponegoro tidak dapat belok kiri ke Jalan Untung Surapati. Sedangkan dari Jalan Untung Surapati dapat belok kiri ke Jalan Diponegoro dan lurus sampai dengan simpang 3 Hotel 88. Kemudian belok kanan ke Jalan Gatot Subroto. Serta dari Jalan Untung Surapati dapat belok kiri ke Jalan Dr. Wahidin kecuali kendaraan roda 4.

Sementara dari Jalan Ahmad Yani dapat belok kanan ke Jalan Gatot Subroto. Kemudian lurus sampai dengan simpang 4 Polres belok kanan ke Jalan Kartini.

Menurut Agus, skenario perubahan arus saat ini difokuskan pada Jalan Samanhudi yang diberlakukan sejak Senin (20/3/2023), selama Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H. "Rekayasa itu guna memecah kepadatan arus lalu lintas di jalan utama di sekitar Pasar Tanjung," ujarnya.(*)


Tags:

Rekayasa Lalu Lintas jalan samanhudi pasar tanjung Jember Dishub Jember Ramadhan 2023 Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: