KONI Jember Optimis Tembus 10 Besar Porprov, Andalkan 15 Cabor

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin
15 Aug 2023 | 15:30
Sampul KONI Jember Optimis Tembus 10 Besar Porprov, Andalkan 15 Cabor
Tim atletik Jember latihan intensif persiapan Porprov Jatim 2023 (Foto: Dispora Jember)

KETIK, JEMBER – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jember optimis bisa mempertahankan prestasi minimal di peringkat 10 besar perolehan medali dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur 2023.

Porprov Jatim 2023 ini rencananya akan digelar di Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, dan Kota Mojokerto pada 9-16 September 2023 mendatang.

Ketua KONI Jember, Sutikno, mengatakan pihaknya merasa percaya diri dapat meraih banyak medali dari 15 cabang olahraga (cabor) andalan Jember. 

Lima belas cabor itu adalah drum band, wushu, dance sport, kickboxing, kempo, tenis lapangan, pencak silat, atletik, bridge, panahan, tarung derajat, tenis meja, sepak bola, taekwondo, tinju. 

Dari 41 cabor yang dipertandingkan, kontingen Jember mengirimkan atlet di 37 cabor. Lebih sedikit dibandingkan tahun lalu, Sebanyak 38 cabor saat menjadi tuan rumah dalam Porprov Jatim VII 2022. 

“Sebetulnya kami siap memberangkatkan 41 cabor, tapi ada beberapa cabor yang secara administrasi belum siap,” kata Ketua KONI Jember Sutikno, Selasa (15/8/2023).

Sutikno menambahkan, semua tahap persiapan sudah dilewati sejak seleksi atlet. Saat ini semua atlet cabor yang akan bertanding tengah mempersiapkan diri dalam pemusatan latihan. “Insyaallah semua cabang olahraga siap menghadapi Porprov 2023,” katanya. 

Mengenai target, hal itu sudah dibahas dalam pertemuan antara KONI Jember, Dinas Pemuda dan Olahraga Jember, dan seluruh pengurus cabang olahraga. 

“Teman-teman juga sepakat untuk tetap bersemangat memberi yang terbaik. Semoga bisa lebih baik daripada yang kemarin, dan semua cabor sudah saling dukung,” kata Sutikno. Tahun kemarin, kontingen Jember menduduki peringkat 9 dari 38 kabupaten dan kota yang menjadi peserta.

KONI Jember mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jember. Sekitar 400 orang atlet dan ofisial dikirimkan menggunakan biaya APBD Jember.

“Dukungan dari pemerintah daerah dan cabor luar biasa. Kami harapkan dukungan dari masyarakat untuk memunculkan energi positif yang bisa membuat mujizat untuk meraih prestasi Jember,” harap Sutikno.(*)


Tags:

Porprov Jatim 2023 KONI Jember optimis 10 besar Jember 15 cabor andalan

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: