KPU Bondowoso Menunggu Kedatangan Surat Suara, Diperkirakan 21 Desember Datang

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Muhammad Faizin
8 Dec 2023 | 20:54
Sampul KPU Bondowoso Menunggu Kedatangan Surat Suara, Diperkirakan 21 Desember Datang
Ketua Komisioner KPU, Junaidi saat menyampaikan sambutan di acara media Gathering (Humas KPU for ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso telah menerima sejumlah logistik Pemilu 2024.

Dikutip dari laman Instagram resmi KPU Bondowoso, diterangkan sejumlah logistik sudah berdatangan. Di antaranya yakni segel, bilik suara, tinta, segel plastik, kotak suara, tanda pengenal, label kotak suara.

Kemudian, juga datang logistik kantong plastik besar, sedang, kecil. Serta, kantong plastik besar selongsong, kantong plastik besar ziplock, bantalan, dan alat coblos.

Seluruh logistik tersebut kini telah berada di Gudang Bulog Bondowoso dengan penjagaan ketat aparat keamanan.

Sementara itu, masih ada satu logistik yang belum diterima oleh KPU Bondowoso. Yakni, surat suara.

Ketua KPU Bondowoso, Junaidi saat dikonfirmasi media online nasional Ketik co.id menjelaskan, untuk kebutuhan surat suara di Bondowoso yakni 621.299. Jumlah tersebut sudah masuk dalam 2 persen surat suara cadangan.

"Surat suara cadangan itu 2 persen," ungkapnya dalam acara media gathering bersama awak media, pada Kamis (7/12/2023) malam.

Ia menerangkan bahwa untuk surat suara diperkirakan akan datang pada 21 Desember 2023 mendatang.

"Berdasarkan jadwal dari KPU RI, pengiriman dari percetakan dilaksanakan pada tgl 21 Desember 2023," ujarnya.

Kendati begitu, kata Junaidi, pihaknya memastikan sejumlah logistik yang berdatangan harus tepat dalam berbagai hal.

Yakni, tepat jumlah. Artinya, jika di dalam TPS sebanyak 2.432, maka kebutuhan apa saja yang harus diakomodir sehingga dapat diketahui kuantitas dan kualitasnya.

" Jadi contohnya surat suara tidak boleh dengan ukuran sekian, terus beratnya sekian, jadi dikurangi sedikit itu tidak boleh, " katanya.

Yang selanjutnya adalah tepat kualitas. Junaedi mengatakan bahwa kondisi dari barak ataupun logistik harus berkualitas. " Jadi yang kalau berpikiran tentang kualitas ini adalah ada beberapa referensi-referensi, " lanjutnya.

Adapun, poin berikutnya adalah tepat waktu kapan pengiriman logistik dilakukan semaksimal mungkin sesuai peraturan agar segera berada di tingkat TPK dan TPS.

" Kita tepat waktu untuk menerima, selanjutnya pihak penyedia harus tepat waktu bagaimana tepat pengirim ke KPU Bondowoso, " imbuhnya.

Tidak kalah pentingnya adalah tepat sasaran lokasi pendistribusian dan tepat biaya kebutuhan yang dibutuhkan oleh KPU Bondowoso.

Pihaknya juga memberikan penekanan bahwa suksesnya Pemilu 2024 nanti karena ada peran media. Pasalnya, media sangat antusias dalam upaya menyampaikan semua tahapan dan sosialisasi pemilu kepada masyarakat.


Tags:

Bondowoso pemilu2024 Logistik Pemilu #KPU #Bondowoso

Berita Lainnya oleh Ari Pangistu: