Lantik IAI Jember, Bupati Hendy Siswanto Dorong Apoteker Jadi Entrepreneur

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Naufal Ardiansyah
24 Jun 2023 | 17:34
Sampul Lantik IAI Jember, Bupati Hendy Siswanto Dorong  Apoteker Jadi Entrepreneur
Bupati Jember Hendy Siswanto bersama Ketua PC IAI Jember, apt. Ika Norcahyanti, S.Farm., M.Sc saat pelantikan pengurus cabang, Sabtu (24/6/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Kabupaten Jember secara resmi dilantik pada Sabtu (24/6/2023) di Hotel Aston Jember.

Acara pelantikan tidak hanya fokus pada seremoni, tetapi juga dilaksanakan seminar dan rapat kerja cabang (rakercab) dengan mengusung tema “Tantangan Penerapan Pharmapreneurship Menghadapi Era Universal Health Coverage”.

Mengetahui jumlah apoteker di Kabupaten Jember yang terbatas, Bupati Jember Hendy Siswanto mengaku berkenan untuk melindungi mereka. Diketahui bahwa jumlah apoteker di wilayah Jember hanya sekitar 500 orang.

“Jumlah apoteker di Jember sangat terbatas. Dibandingkan dengan jumlah penduduk yang banyak, sudah pasti kewalahan dalam hal pelayanan,” tuturnya.

Pasalnya, tugas dan tanggung jawab para apoteker dinilai sangat berpengaruh baik sektor kesehatan maupun perekonomian.

"Mereka juga bertugas sebagai tulang punggung yang menjadikan Jember sehat, jadi ekonomi bisa bergerak," ungkapnya.

Hendy juga menambahkan bahwa apoteker yang ada di Kabupaten Jember dapat mendirikan apotek-apotek di wilayahnya masing-masing.

“Kami berharap apoteker ini bisa menjadi entrepreneur semua, sambil lalu melayani masyarakat. Sehingga peredaran obat bisa teratur dan pemakaian sesuai peruntukannya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati meminta kepada apoteker untuk membantu Pemkab Jember memberantas penyalahgunaan konsumsi obat-obatan terlarang.

“Di Jember konsumsi obat-obat terlarang masih tinggi, kawan-kawan IAI yang bisa mem-protect itu. Jangan sampai anak cucu kita menjadi generasi teler Indonesia," tandasnya. (*)


Tags:

Ikatan Apoteker Indonesia IAI Jember pelantikan pengurus cabang apoteker entrepreneurship Bupati Jember Hendy Siswanto Jember

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: