MAG Jember Gelar Baksos Cek Kesehatan Penunjang Perayaan Natal

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin
9 Dec 2023 | 15:10
Sampul MAG Jember Gelar Baksos Cek Kesehatan Penunjang Perayaan Natal
Pemeriksaan kesehatan jemaat MAG di Gereja Santo Yusup, Sabtu (9/12/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Menjelang perayaan natal, Musyawarah Antar Gereja (MAG) Kabupaten Jember menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi seratus jemaat gereja di Gereja Katolik Santo Yusup pada Sabtu (9/12/2023).

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi pengecekan tekanan darah, kolesterol, asam urat dan gula darah.

Dalam kesempatan ini, Ketua MAG Jember, Ignatius Sumarwiadi mengatakan tahun ini pertama kalinya dilakukan bakti sosial pengecekan kesehatan gratis bagi jemaat. Sebagai penanda mengawali perayaan natal sejak satu bulan sebelumnya dengan berbagai kegiatan sosial.

"Dalam rangkaian perayaan natal sengaja kami mengawali dengan seminar tentang kesehatan dan mengambil topik penyakit jantung dan deteksi dini," kata pria yang akrab disapa Marwi itu.

Menurutnya perayaan hari besar tidak hanya disambut secara rohani dan liturgi saja, namun juga harus ditunjang dengan kegiatan yang mensejahterakan jemaat. "Sehat dan sejahtera menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam mensyukuri hari-hari besar yang kita rayakan setiap tahun," lanjutnya.

Kegiatan bakti sosial dikemas dalam bentuk ceramah kesehatan dan pemeriksaan gratis jemaat masing-masing perwakilan gereja. Juga upaya menularkan pola hidup sehat.

"Karena sejatinya sehat rohani harus ditunjang dengan sehat jasmani," tutupnya.

Sementara salah satu peserta, Yohana, mengaku senang dengan adanya bakti sosial cek kesehatan secara gratis. Menurutnya ada beberapa aspek kesehatan yang tidak terlihat muncul setelah pemeriksaan. "Saya yang saat ini merasa sehat ternyata setelah diperiksa kadar asam uratnya cukup tinggi," ujarnya.(*)


Tags:

Natal MAG Jember Musyawarah Antar Gereja Gereja Santo Yusup bakti sosial cek kesehatan gratis Sehat rohani sehat jasmani

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: