Marak Kasus Perundungan, Pj Sekda Bondowoso Himbau Pemasangan CCTV Sekolah

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: M. Rifat
17 Mar 2024 | 15:05
Sampul Marak Kasus Perundungan, Pj Sekda Bondowoso Himbau Pemasangan CCTV Sekolah
Pj Sekda Bondowoso, Haeriyah Yuliati diwawancari awak media di Pendopo Kabupaten, pada Jum’at (15/3/2024) (Foto: Ari Pangistu /Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Akhir-akhir ini marak pemberitaan di berbagai wilayah  dugaan tentang kasus bulliying atau perundungan yang terjadi di lingkungan sekolah atau pun Pondok Pesantren.

Beberapa di antaranya bahkan membuat korban bulliying mengalami luka-luka hingga ada yang meninggal dunia.

Pj Sekrestaris Daerah Kabupaten Bondowoso, Haeriyah Yuliati, memberikan atensi khusus agar kejadian perundungan yang memakan korban tak terjadi di Bondowoso. Khususnya, di lingkungan sekolah.

“Karena ini tatarannya sekarang itu, tidak hanya secara verbal. Tapi sudah mengarah pada psikis, kekerasan fisik,” ungkapnya.

Karena itulah, dirinya menghimbau lemabaga pendidikan dan guru untuk melakukan pengawasan secara maksimal. Utamanya, di saat jam istirahat atau pun pulang sekolah.

Selain itu, diharapkan agar guru ketika jam istirahat tak hanya di ruangan saja. Melainkan juga mengawasi bagaimana anak-anak bermain.

“Jangan sampai anak-anak bermain pada hal-hal yang membahayakan atau beresiko,” ujarnya dikonfirmasi pada Jum’at (15/3/2024).

Tak kalah penting, kata Haeriyah, pihaknya juga menghimbau sekolah agar memasang sarana CCTV.

“Jika sudah ada sarana itu sekolah tak bisa mengelak bahwa kejadian itu ada. Sementara himbauan,” ujarnya.

Selama ini pemerintah daerah melalui Dinsos P3AKB dan Dinas Pendidikan, kata Haeriyah, telah membentuk tim pencegahan dan penanganan kekerasan (TPPK) di beberapa sekolah.

Selain itu, juga ada Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di beberapa lembaga pendidikan yang juga mengintegrasikan materi berkenaan dengan pencegahan kekerasan ke dalam pembelajaran.

“Pada pelajaran tertentu,mengintgrasikan materi itu ke dalam pelajaran,” pungkasnya. (*)


Tags:

perundungan Bondowoso #DinasPendidikanBondowoso

Berita Lainnya oleh Ari Pangistu: