Mixed Martial Arts, Baru Berdiri Sudah Sumbang 4 Medali bagi Kabupaten Probolinggo

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Muhammad Faizin
16 Sep 2023 | 16:43
Sampul Mixed Martial Arts, Baru Berdiri Sudah Sumbang 4 Medali bagi Kabupaten Probolinggo
Keempat atlet cabor IBCA MMA Kabupaten Probolinggo memamerkan medali dan bendera cabor mereka usai penyerahan medali. ( Foto: Tunjung Mulyono/Ketik.co.id )

KETIK, PROBOLINGGO – Cabang Olahraga (Cabor) Indonesia Beladiri Campuran Amatir (IBCA) - Mixed Martial Arts (MMA) menjadi cabor terakhir yang diikuti oleh atlet Kabupaten Probolinggo di ajang Porprov VIII Jawa Timur 2023. Meski merupakan cabor yang baru dibentuk, namun atlet IBC MMA Kabupaten Probolinggo mampu tampil apik dan sukses menyumbangkan total 4 medali. 

Bertanding di aula SMAN 1 Puri Kota Mojokerto, sebanyak 150 atlet MMA dari 19 Kabupaten/Kota se Jawa Timur bertanding di 15 kelas pertandingan yang berbeda. Adapun total medali yang diperebutkan yakni sebanyak 45 medali. Dimana 4 atlet MMA asal Kabupaten Probolinggo, berhasil mencuri 4 medali diantaranya. 

Pelatih IBCA MMA Kabupaten Probolinggo, Mahmud mengungkapkan, empat medali yang berhasil dibawa pulang itu adalah 2 medali emas yang diraih oleh Adelia Az Zahro di kelas MMA 51 Kg putri, dan Anindya Ayu Purwa dikelas Striking 42 Kg putri. Selain itu juga ada 2 medali perunggu lainnya yang diraih oleh Dewi Qurrotul Aini di kelas 48 Kg putri dan Ribut di kelas MMA 54 Kg putra. 

"Raihan medali ini sudah melampaui target 3 medali yang kami sampaikan kepada pengurus KONI Kabupaten Probolinggo. Sehingga kami bisa pulang dengan kepala tegak," ungkapnya, Sabtu (16/9/2023). 

Meski tak keluar sebagai juara umum di Cabor IBCA MMA ini, namun Mahmud mengatakan jika posisi Kabupaten Probolinggo berada di tiga besar daerah peraih medali terbanyak di Cabor IBCA MMA.

"Kami berada di posisi ketiga, dibawah Kota Pasuruan dan Kabupaten Ngawi yang meraih tujuh dan enam medali," katanya. 

Menanggapi raihan prestasi cabor IBCA MMA itu, Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Zainul Hasan tak habis memuji penampilan para atlet MMA-nya yang mampu tampil agresif diatas ring.

"Walaupun fisik mereka kalah dari atlet daerah lainnya, namun nyali mereka berani diadu. Hal inilah yang patut saya apresiasi. Karena prinsip petarung ketika diatas ring, memang pantang untuk mundur," ujarnya. 

Dengan hasil positif berupa 2 medali emas dan 2 perunggu itu, Zainul Hasan meyampaikan rasa terima kasihnya kepada para atlet, pelatih, dan pengurus IBC MMA. Sebab, usaha mereka telah membantu mendongkrak posisi Kabupaten Probolinggo di klasemen akhir Poprov VIII dengan tambahan 2 medali emas dan 2 perunggu itu.

"Ini melengkapi raihan total medali kami menjadi 12 emas, 10 perak, 19 perunggu. Untuk klasemen ke berapanya, saya belum bisa memastikan. Karena masih ada cabor lain yang masih bertanding," pungkasnya. (*) 


Tags:

porprovjatim2023 ibcamma probolinggo Porprov Jatim 2023 Mixed Martial Arts Kabupaten Probolinggo IBC MMA Indonesia Beladiri Campuran Amatir

Berita Lainnya oleh Tunjung Mulyono: