Okupansi Perjalanan Kereta Api Daop 9 Jember Meningkat 11 Persen saat Libur Natal

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa
26 Dec 2023 | 18:14
Sampul Okupansi Perjalanan Kereta Api Daop 9 Jember Meningkat 11 Persen saat Libur Natal
Penumpang KAI dari wilayah keberangkatan Daop 9 Jember saat libur Natal (Foto: Humas KAI Daop 9 Jember)

KETIK, JEMBER – Okupansi penumpang Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember selama enam hari libur Natal meningkat sebesar 11 persen. Adanya peningkatan itu karena kereta api masih menjadi angkutan transportasi favorit masyarakat untuk traveling saat libur hari besar nasional. 

Pada libur Natal 2023 dari tanggal 21-26 Desember, Daop 9 Jember telah memberangkatkan sebanyak 59.085 pelanggan dengan rata-rata 9.848 penumpang berangkat dari wilayah Daop 9 Jember perharinya. 

Sedangkan pada libur terakhir cuti bersama hari Natal, Selasa (26/12/2023), sebanyak 9.731 tiket telah terjual untuk keberangkatan dari Daop 9 Jember.

Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro mengatakan, jumlah penumpang selama libur Natal pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 11 persen dibanding periode tahun 2022 yang mengangkut total 53.087.

“Meningkatnya jumlah pelanggan yang menggunakan kereta api pada musim libur Natal kali ini tidak lepas dari bertambahnya perjalanan KA di Daop 9 Jember, jika pada tahun 2022 ada 18 perjalanan per hari, pada tahun ini menjadi 22 perjalanan KA dengan adanya KA Pandalungan dan KA Tambahan relasi Ketapang - Jember PP,” terang Cahyo.

Volume pelanggan tertinggi pada libur Natal terjadi pada Sabtu (23/12/2023), sebanyak 10.158 penumpang, baik KA jarak jauh maupun KA lokal di Daop 9 Jember. Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Banyuwangi – Yogyakarta, Banyuwangi – Surabaya, Jember – Jakarta, Banyuwangi – Malang dan lainnya.

KA Probowangi relasi Ketapang-Surabaya Gubeng menjadi kereta api paling favorit dengan rata-rata penumpang mencapai 1.167 pelanggan.

Sedangkan untuk kereta api kelas komersial, KA Pandalungan relasi Jember-Gambir Jakarta dan KA Wijayakusuma relasi Ketapang-Cilacap, okupansi penumpang mencapai 100 persen.

Kemudian KA Ranggajati, KA Logawa, dan KA Blambangan Ekspres keberangkatan Daop 9 Jember, tiket yang terjual di atas 90 persen dari kapasitas yang disediakan.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap transportasi kereta api pada libur Natal ini bukannya tanpa alasan. Apabila dibandingkan kendaraan pribadi atau moda transportasi lainnya, kereta api lebih aman, bebas macet, dan nyaman. 

Cahyo mengimbau agar calon penumpang merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Nataru untuk beberapa rute dan tanggal masih tersedia. 

“Tiket perjalanan kereta api masih tersedia, calon penumpang bisa langsung cek di Access by KAI. Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train atau opsi perjalanan dengan mengkombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” tutupnya.(*)


Tags:

Libur natal okupansi kereta api KAI Daop 9 Jember meningkat

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: