Peringatan Hari Pancasila, Bupati Jember: Dimaknai dalam Kehidupan Sehari-Hari

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno
1 Jun 2023 | 19:30
Sampul Peringatan Hari Pancasila, Bupati Jember: Dimaknai dalam Kehidupan Sehari-Hari
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Alun-alun Jember, Kamis (1/6/2023) (Foto: Diskominfo Jember)

KETIK, JEMBER – Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada Kamis (1/6/2023), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menggelar upacara peringatan di Alun-alun Jember.

Sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo, Bupati Jember Hendy Siswanto mengajak semua pihak untuk menerapkan seluruh nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kelima nilai Pancasila memuat semua budi luhur dalam kehidupan. Baik dari keagamaan, sosial, toleransi, manusia berkebudayaan, persatuan dan lainnya.

Menurut Hendy, nilai-nilai Pancasila harus benar-benar dimaknai. “Bukan hanya untuk dibaca, namun dimaknai untuk kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Dia mencontohkan, jika hanya menerapkan 2 nilai Pancasila sudah memiliki dampak yang luar biasa. Sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa. Hubungan manusia dengan Tuhannya.

Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Hubungan dengan sesama manusia. “Dua sila itu diterapkan sudah luar biasa apalagi jika kelima sila dilaksanakan Jelas akan lebih luar biasa,” kata Hendy.

Ia berpesan kepada masyarakat agar terus mengamalkan nilai Pancasila hingga akhir hayat dan melanjutkan kepada para generasi penerus.(*)


Tags:

Hari Lahir Pancasila Upacara Peringatan Jember Bupati Jember Hendy Siswanto maknai nilai pancasila

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: