Puncak Karnaval Pawai Mobil Hias, Ajang Edukasi Masyarakat Jember

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Marno
29 Sep 2023 | 21:28
Sampul Puncak Karnaval Pawai Mobil Hias, Ajang Edukasi Masyarakat Jember
Pawai Mobil Hias, PT KAI Daop 9 sulap mobil jadi lokomotif, Jumat (29/9/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pawai Mobil Hias menjadi puncak rangkaian karnaval peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Jember, Jumat (29/9/2023).

Sebanyak 92 peserta berasal dari berbagai instansi baik jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, dan pihak swasta ikut serta memeriahkan Pawai Mobil Hias. Pawai ini menempuh rute dari Uji KIR Dishub Jember dan finish di Alun-alun Jember.

Kegiatan untuk Sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) ini, para peserta berlomba-lomba menghias mobil dengan ornamen-ornamen unik sesuai dengan ciri khas instansi terkait. Ada pula yang mengenalkan kebudayaan lokal dan daerah.

Seperti PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 menyulap mobil menjadi lokomotif yang berjalan di aspal. Jember Mini Zoo menghias mobil dengan patung-patung hewan yang lucu bahkan membawa hewan reptil seperti ular dan iguana.

Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan Pawai Mobil Hias ini menjadi ajang instansi memperkenalkan potensinya masing-masing. 

“Setiap mobil hias ternyata menampilkan kemampuan dan produk yang dimiliki, termasuk sosialisasi kepada masyarakat,” katanya saat tengah menyaksikan Pawai Mobil Hias di depan Pendopo Wahyawibawagraha.

Bupati mengapresiasi simulasi bencana tsunami yang diperagakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jember.

“Bagaimana antisipasi dan ikhtiar maksimal. Sekitar ratusan orang, mensimulasikan dengan maksimal. Air yang melimpah dan visualisasi rumah-rumah yang hancur, orang yang pingsan dan penanganan langsung mereka contohkan kepada masyarakat,” pungkas Hendy.(*)


Tags:

Pawai Mobil Hias HUT ke 78 Kemerdekaan RI Puncak Karnaval Bupati Jember

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: