Rekomendasi Destinasi Wisata Baru di Gunung Pasang Jember, Serasa Menyatu dengan Alam

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Mustopa
9 Jun 2024 | 09:10
Sampul Rekomendasi Destinasi Wisata Baru di Gunung Pasang Jember, Serasa Menyatu dengan Alam
Menikmati pemandangan bukit di Gunung Pasang Adventure sambil bermain di kolam sungai (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pariwisata yang menyuguhkan panorama alam selalu menjadi pilihan favorit penduduk kota yang ingin menikmati sejuknya udara di pedesaan.

Di Kabupaten Jember, wisata alam memiliki daya tarik tersendiri, mengingat kondisi geografis yang dapat dikatakan lengkap.

Dari pantai, situs sejarah, hingga pegunungan. Bagi  yang tidak mau ketinggalan, berikut rekomendasi wisata alam teranyar di Jember.

Gunung Pasang Adventure, tepatnya berlokasi di Kebun Gunung Pasang Desa Suci, Kecamatan Panti. Desain besarnya akan dibagi menjadi tiga kawasan, yakni rimba camp, camping ground, dan campervan atau karavan.

Namun, proses pembangunan belum selesai sepenuhnya, untuk saat ini baru rimba camp yang dibuka untuk umum.

Meski berada di area Pegunungan Argopuro, jarak yang ditempuh relatif dekat dan akses jalan mudah. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota, sudah bisa menikmati asrinya alam bumi Pandalungan.

Mengusung konsep konservasi alam, sebagian besar spot wisata dibiarkan keasriannya tanpa mengubah banyak lingkungan aslinya. Bahkan memutar lagu dengan pengeras suara hingga pertunjukan musik secara langsung tidak diizinkan.

Tujuannya sederhana, menjamu wisatawan yang datang melepas penat dari hingar-bingar kota. Menikmati suara hembusan angin, kicauan burung, gesekan ranting pohon, dan gemericik air sungai yang mengalir.

"Justru yang mereka (wisatawan) butuhkan adalah ketenangan, kan enggak mungkin di kota udah bising, disini juga bising. Jadi yang kami sajikan adalah perpaduan bukit yang masih lebat pepohonan, masih asri, dan gemericik sungai,” ungkap CEO Gunung Pasang Adventure, Heriono, saat ditemui jurnalis Ketik.co.id.

Beberapa fasilitas penunjang seperti glamping, river pool, kafe, dan toilet sengaja dibangun untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung yang berwisata.

“Orangtua bisa bersantai di rumah segitiga (glamping), sambil mengawasi anak-anak bermain di river pool (kolam yang memanfaatkan air sungai),” imbuh pria yang akrab disapa Heri itu.

Disamping eksplorasi, menurutnya rencana kedepan konservasi alam perlu ditegakkan. Para pengunjung nantinya bisa menanam bibit pohon baru di sekitar area wisata.

“Konsep disesuaikan dengan empat motto Gunung Pasang Adventure. Jelajah, edukasi, konservasi, dan pasti happy,” urai Heri sumringah.

Harga tiket masuk wisata Rimba Camp cukup terjangkau. Karena masih dalam wilayah Perusahaan Daerah Perkebunan (PDP) Kahyangan, pengunjung cukup membayar tiket masuk Rp 8.000 saja.

“Wisata kami sudah ikut PDP, jadi satu kali bayar tiket sudah bisa mendapatkan beberapa wisata di area Gunung Pasang. Hanya saja (biaya) parkirnya di masing-masing area,” bebernya.

Untuk menikmati fasilitas glamping, pengunjung bisa menyewa dengan durasi singkat yang dibanderol dari Rp15-25 ribu per jam atau menginap Rp150-250 ribu per malam.(*)


Tags:

Gunung Pasang Jember Wisata Alam

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: