Renovasi Alun-Alun Jember Senilai Rp26 Miliar Ditargetkan Rampung dalam 5 Bulan

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat
7 Jun 2024 | 15:55
Sampul Renovasi Alun-Alun Jember Senilai Rp26 Miliar Ditargetkan Rampung dalam 5 Bulan
Pengerjaan renovasi Alun-alun Jember mulai dipasang pagar pembatas pengamanan (7/6/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Pengerjaan revitalisasi ruang terbuka hijau, Alun-alun Jember yang menelan anggaran Rp26 Miliar telah dimulai. Pelaksana proyek mulai memasang batas pengamanan di sekeliling area alun-alun kemarin Kamis (6/6/2024).

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Cipta Karya (DPRKPCK) Kabupaten Jember, Rahman Anda mengungkapkan pengerjaan proyek ditargetkan akan rampung dalam waktu lima bulan atau pada Oktober mendatang.

Rahman menjelaskan ada tiga paket dalam proyek pengerjaan renovasi. “Ada pengerjaan landscape, pembangunan struktur videotron, serta pengeboran dan pembuatan menara air,” ungkap Rahman saat dikonfirmasi, Jumat (7/6/2024) siang.

Dengan konsep baru, Pemkab berencana menambahkan videotron di sebelah timur, menjadikan arena olah raga basket dan voli satu tempat di sebelah barat, serta membangun toilet permanen.

Fasilitas lain yang akan dibangun juga akan ada air mancur, area bermain anak, serta fasilitas ramah difabel.

“Mempertimbangkan kondisi jogging track sekarang yang dibangun sejak tahun 2011, bisa kita lihat sudah banyak kerusakan dan perlu diperbaiki,” imbuh pria berkacamata itu.

Secara tampilan, sketsa pemugaran alun-alun akan jauh berbeda dengan saat ini. Membentuk kepakan burung garuda dengan membentang jalan di bagian tengahnya.

Sementara untuk pedagang kaki lima, nantinya setelah alun-alun selesai renovasi mereka tidak boleh berjualan menetap. 

“PKL akan mobile, tidak menetap di sana. Nanti akan diberi ruang khusus, bersama-sama dengan PKL yang berada di Jalan Samanhudi akan direlokasi juga,” lanjut Rahman.

Sebelumnya, petugas Satpol-PP telah menertibkan sebanyak 248 PKL untuk sementara dipindahkan ke sekitaran jalan Kartini pada Senin 3 Juni kemarin. Satpol-PP sebelumnya juga telah melakukan sosialisasi kepada para PKL terkait akan adanya proyek renovasi alun-alun.

“Meski ditempatkan di lokasi baru, PKL tetap harus mematuhi aturan berjualan. Seperti jam berjualan sejak pukul 3 sore hingga 1 malam, menjaga kebersihan, serta tidak meninggalkan gerobak jualan di sekitar alun-alun,” tegas Kepala Satpol-PP Jember, Bambang Saputro.(*)


Tags:

renovasi Alun-Alun Jember Anggaran Rp 26 Miliar Jember konsep baru

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: