Resmi Dilantik, Kadin Jember Bersiap Tingkatkan SDM yang Kompeten

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Muhammad Faizin
25 Jul 2023 | 18:43
Sampul Resmi Dilantik, Kadin Jember Bersiap Tingkatkan SDM yang Kompeten
Pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jember, Selasa (25/7/2023) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Jajaran pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Jember masa bakti 2023-2028 resmi dilantik.

Terdapat 50 pengurus Kadin Jember dilantik oleh Ketua Kadin Jawa Timur, Adik Dwi Putranto, di Pendopo Wahyawibawagraha Kabupaten Jember pada Selasa (25/7/2023) sore.

Adik meminta seluruh pengurus Kadin Jember untuk menjalankan program kerjanya sesuai dengan misi Kadin Jawa Timur. Yaitu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal itu dijawab langsung oleh para pengurus Kadin Jember saat pelantikan sekaligus menandatangani beberapa MoU bersama perguruan tinggi dan instansi lain. Meliputi Politeknik Negeri Jember (Polije), Institut Teknologi dan Sains Mandala (ITSM), dan Baznas Jember.

Ketua Kadin Jember Abdul Kholik menyampaikan penandatanganan MoU tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan SDM melalui program magang mahasiswa di industri yang disediakan Kadin.

“Tidak hanya di Jember saja, bisa ditempatkan ke daerah lain karena kami bekerjasama dengan Kadin Jawa Timur, Kadin Indonesia, bahkan Kadin lintas negara seperti Jepang, Thailand, Swiss dan Jerman,” ungkapnya.

Di samping memfasilitasi program mahasiswa, Kholik juga menyebut Kadin Jember akan melakukan pengembangan UMKM.

“Perihal SDM kita membuat semacam klinik untuk usaha secara gratis. Mulai dari perizinan, pendampingan ke perbankan, juga usaha-usaha pemasaran yang lain,” kata Kholik.

Sementara, Bupati Jember Hendy Siswanto turut hadir menyaksikan pelantikan pengurus Kadin Jember. 

Dia menyebut bahwa pengurus Kadin Jember merupakan partner bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember. “Karena mereka lebih fleksibel menggerakkan perekonomian,” kata Hendy.

Hendy juga berharap kehadiran pengurus Kadin Jember dapat membantu peningkatan kualitas UMKM yang ada.

“Harapannya Kadin bisa memberikan ruang kepada teman-teman UMKM membantu memberikan pelatihan, pemasaran, juga meningkatkan kualitas produk ekspor,” tutup Hendy.(*)


Tags:

KADIN Jember Kamar dagang dan industri tingkatkan SDM UMKM perekonomian pelantikan pengurus masa bakti 2023-2028

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: