RSUD Situbondo Buka Layanan Rawap Inap Pasien Gangguan Jiwa

Jurnalis: Abdul Hakim
Editor: Naufal Ardiansyah
2 Mar 2024 | 18:14
Sampul RSUD Situbondo Buka Layanan Rawap Inap Pasien Gangguan Jiwa
Sekda Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan dan Direktur RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo dr. Roekmy Prabarini Aryo dalam acara launching Layanan Rawat Inap Jiwa dan Dental Center. (Foto: Abdul Hakim/Ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo, Wawan Setiawan meresmikan Layanan Rawat Inap Jiwa dan Dental Center di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdoer Rahem Situbondo, Sabtu (2/3/2024).

Wawan mengatakan dibukanya pelayanan Rawat Inap Jiwa dan Dental Center di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Abdoer Rahem Situbondo merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat.

“Hari ini Rumah Sakit Abdoer Rahem (RSAR) Situbondo telah membukan layanan rawat inap untuk penyakit jiwa dan Dental Center. Jika dari awal pasien jiwa bisa ditangani dengan baik, maka insya Allah bisa sembuh sepertu sedia kala,” kata Sekda Wawan.

Kata Wawan, pelayanan rawat Inap gangguan jiwa dan dental center ini ditangani tenaga-tenaga perawat profesional dan dokter spesialis penyakit gangguan jiwa.

Harapannya, lanjut Wawan, dengan dibuka pelayanan ini maka masyarakat yang mempunyai sanak dan pamili yang mengalami gangguan jiwa tidak jauh-jauh untuk mengobatinya.

"Sebab, di RSAR Situbondo telah dibuka pelayanan pasien dengan gangguan jiwa,” imbuhnya.   

Sementara itu, Direktur RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo dr. Roekmy Prabarini Aryo mengatakan ruangan inap bagi pasien gangguan jiwa disediakan 13 bet.

“Empat bet untuk pasien gangguan jiwa akut, tiga bet pasien perempuan dan tiga bet laki-laki untuk pasien gangguan jiwa agak ringan dan dua ruangan VIP untuk pasien gangguan jiwa sudah tenang,” kata dr. Roekmy.

Lebih lanjut, mantan Direktur RSUD Asembagus ini mengatakan untuk tenaga medis yang melayani pasien gangguan jiwa ini, dokter spesialis dan para perawat profesional yang ahli di bidangnya.

“Ruang perawatan pasien dengan gangguan jiwa ini, kita beri nama Anjasmoro,” lanjutnya.

Selain membuka, pelayanan rawat inap bagi pasien gangguan jiwa, RSAR Situbondo juga membuka pelayanan Dental Center, yakni pelayanan spesialis penyakit bedah mulut dan maksilofaksial, konservasi gigi, ortodonsia serta prostodonsia.

“Semoga layanan baru atau poli baru di RSAR Situbondo bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatannya. Kami bertekat untuk memberikan pelayanan kesehatan yang baik sesuai dengan prosedur atau SOP yang ada di RSAR Situbondo,” ujar dr. Roekmy.

dr. Roekmy juga mengatakan dalam waktu dekat ini RSAR Situbondo akan naik tingkat ke tipe B. “Saat ini kita sedang memproses seluruh persyaratannya agar RSAR Situbondo naik tingkat ke tipe B,” pungkasnya. (*)


Tags:

RSAR Situbondo launching Layanan Rawap Inap Pasien Gangguan Jiwa

Berita Lainnya oleh Abdul Hakim: