Salurkan Beasiswa PIP, Anggota DPR RI Faisol Riza: Gunakan Sebaik-baiknya untuk Kebutuhan Sekolah

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: M. Rifat
31 Aug 2023 | 08:00
Sampul Salurkan Beasiswa PIP, Anggota DPR RI Faisol Riza: Gunakan Sebaik-baiknya untuk Kebutuhan Sekolah
Kegiatan penyaluran program beasiswa PIP yang diinisiasi anggota DPR RI Faisol Riza. (Foto: dok. Faisol Riza)

KETIK, PROBOLINGGO – Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza secara simbolis menyerahkan surat keputusan (SK) beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) kepada ribuan siswa sekolah dari berbagai jenjang di wilayah kabupaten Probolinggo dan Pasuruan pada Rabu (30/8/2023).

Penyaluran program beasiswa Pemerintah pusat itu dilakukan bertahap kepada para siswa di seluruh jenjang mulai SD, SMP, dan SMA yang memenuhi kritera sebagai penerima PIP. Adapun para penerima program PIP ini mendapatkan bantuan uang tunai selama periode tertentu.

Ketua Komisi VI DPR RI, Faisol Riza menyampaikan, bantuan PIP ini merupakan salah satu program pemerintah mendukung terwujudnya program wajib belajar 12 tahun. Sehingga pemerintah berupaya memastikan tidak ada lagi anak putus sekolah karena alasan ekonomi,

"Program ini dikhususkan untuk para siswa utamanya dari kalangan ekonomi menengah ke bawah agar para peserta didik yang berasal dari kalangan itu bisa mendapatkan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, serta kesempatan belajar dari pemerintah," ujarnya, Rabu (30/8/2023). 

Disebutkannya, peserta didik sebagai aset generasi penerus bangsa, harus dijamin pendidikannya oleh negara. Oleh karena itu, sebagai wakil rakyat sudah menjadi tugasnya untuk memperjuangkan hak atas pendidikan yang layak bagi anak-anak di seluruh wilayah Indonesia. 

"Anak-anak kita ini aset masa depan bangsa. Sudah menjadi tugas dari pemerintah untuk merawat generasi penerus bangsa itu agar mendapatkan pendidikan yang layak," sebutnya. 

Dijelaskan Faisol Riza, bila program PIP ini merupakan salah satu program kemitraan antara DPR RI dengan Kemendikbud RI.

"Lewat jalur aspirasi ini, kami berharap agar para peserta didik penerima manfaat program PIP ini Dldapat fokus untuk belajar dan tetap bersemangat untuk bersekolah dan meraih cita-citanya," terangnya.

Tak lupa Ia menegaskan, kepada para penerima manfaat program PIP itu agar bijak dalam membelanjakan uang tunai yang mereka terima. "Jangan dipakai selain untuk kebutuhan sekolah. Manfaatkan beasiswa itu sebaik-baiknya," tegasnya. 

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Banteng Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan, Yani menyampaikan ucapan terima kasihnya atas penyaluran program PIP kepada anak-anak di desanya. "Mewakili warga, kami ucapkan banyak terima kasih atas bantuan program PIP yang sangat bermanfaat ini. Semoga program ini terus ada demi meringankan beban para orang tua," pungkasnya. (*)


Tags:

Faisol Riza pip pkb probolinggo Pasuruan beasiswa

Berita Lainnya oleh Tunjung Mulyono: