Samawi Tapalkuda II Serap Aspirasi Dukungan Pilpres 2024

Jurnalis: Ari Pangistu
Editor: Marno
5 Jul 2023 | 22:52
Sampul Samawi Tapalkuda II Serap Aspirasi Dukungan Pilpres 2024
Anggota Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Tapalkuda II berfoto bersama usai gelar Konsolidasi. (Foto: Ari Pangistu/Ketik.co.id)

KETIK, BONDOWOSO – Relawan Presiden Jokowi pada Pemilu 2019, yang tergabung dalam Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Tapalkuda II, mulai melakukan serap aspirasi untuk dukungan Pilpres 2024 mendatang. 

Serap aspirasi ini dilakukan terhadap para anggotanya yang merupakan ulama-ulama muda di wilayah Tapal Kuda II. Yang terdiri dari Kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Kabupaten Lumajang.

Hal ini diketahui saat Samawi Tapalkuda II menggelar konsolidasi di aula BLK Pondok Pesantren Nurut Taqwa, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Rabu (5/7/2023).

Konsolidasi kali ini dihadiri langsung oleh pengurus Majelis Pimpinan Nasional (MPN), dan beberapa ulama muda dari sejumlah kabupaten di atas.

Seperti diketahui, Samawi merupakan salah satu relawan tersebar Jokowi pada Pemilu Tahun 2019. Samawi punya andil besar dalam mengantarkan Jokowi ke kursi kepresidenan.

Pengurus MPN, Gus Hamdi menjelaskan, konsolidasi kali ini tidak lain dalam rangka silaturahmi antara pengurus pusat dengan pengurus wilayah dan kabupaten.

"Ada momentum hari ini, setelah Lebaran Idul Adha, sekaligus kita halal bihalal dan silaturahmi bersama pengurus-pengurus Samawi," kata dia.

Konsolidasi kali ini, juga untuk penguatan struktur di tingkat majelis pimpinan daerah (MPD) atau kabupaten.

Menurutnya, sejauh ini secara resmi Samawi belum memberikan dukungan kepada salah satu calon presiden pada Pemilu 2024 nanti.

Apalagi agenda konsolidasi ini kata dia, masih dalam rangka menyerap aspirasi dari pengurus Samawi terkait dukungan pada Pilpres mendatang.

Serap aspirasi itu dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada pengurus, dan memilih salah satu di antara tiga nama yang akan didukung di kontestasi politik 2024 mendatang.

Tiga nama yang menjadi opsi yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. 

"Nanti kita akan jadikan tabulasi data, dan kita akan serahkan ke Pak Presiden Jokowi," jelas pria asal Bekasi Jawa Barat itu.

Menurutnya, dari hasil serap aspirasi ada dua nama yang menguat. Yakni Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto.

"Di Tapal Kuda misalnya, tadi saya dengar nama Prabowo misalnya. Terus di daerah lain ada Ganjar ada Prabowo juga," jelas dia.

Namun dirinya tidak bisa memastikan di daerah yang timnya berbeda. Sebab tim Samawi yang diterjunkan ke beberapa daerah cukup banyak.

"Tidak tahu untuk daerah lain, kemungkinan ada juga, mungkin nama Pak Anies juga muncul," terang dia.

Namun kata dia, nanti akan ada tabulasi data dari semua daerah. Kemudian setelah ketemu condong kepada siapa, baru akan diumumkan oleh Presiden Jokowi.

Dia juga memastikan, bahwa calon presiden yang didukung Presiden Jokowi akan didukung juga oleh Samawi.

"Ya, kita satu komando sama Pak Presiden Jokowi. Pak Presiden Jokowi ke calon presiden siapa, kita akan ada di situ," jelas dia.

Konsolidasi kali ini juga akan ditindaklanjuti dengan konsolidasi nasional. Rencananya akan digelar akhir Juli atau awal Agustus ini di Solo

Bahkan kemungkinan besar dalam konsolidasi nasional nanti akan diumumkan juga calon presiden yang didukung Samawi.

"Tapi kita juga belum tahu, apakah pak Jokowi menentukan calon di waktu itu atau belum," ucap dia saat dikonfirmasi. (*)


Tags:

pemilu2024 pilpres2024 Samawi Tapal kuda Bondowoso

Berita Lainnya oleh Ari Pangistu: