Sidak Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha, DKPP Jember Temukan Kambing Sakit

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: Gumilang
11 Jun 2024 | 18:00
Sampul Sidak Kesehatan Hewan Kurban Jelang Idul Adha, DKPP Jember Temukan Kambing Sakit
Petugas keswan (kesehatan hewan) memeriksa kondisi hewan ternak yang dijual jelang kurban (11/6/2024) (Foto: Fenna/Ketik.co.id)

KETIK, JEMBER – Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Jember melakukan inspeksi dadakan (sidak) ke sejumlah titik penjual hewan kurban, Selasa (11/6/2024) pagi. Dalam sidak, ditemukan sejumlah hewan sakit di Jalan Teuku Umar, Kabupaten Jember.

“Ketika pemeriksaan kami menemukan beberapa kambing yang mengalami sakit mata atau Pink Eye. Jadi matanya itu ada yang buram karena infeksi,” ujar Kabid Keswan (Kesehatan Hewan) DKPP Jember, drh. Elok Kristanti.

Menindak lanjut hal itu, DKPP meminta penjual hewan untuk segera memindahkan kambing yang mengalami sakit mata itu ke kandang terpisah. Karena tergolong penyakit menular, dikhawatirkan akan menjangkit kambing-kambing yang sehat.

Sebab, hewan-hewan yang sakit atau cacat sama sekali tidak memenuhi persyaratan untuk dijadikan hewan kurban. “Secara keseluruhan memang kondisi sehat, memang ada yang sakit ringan. Tapi sebaiknya dipisah supaya tidak menular,” lanjutnya.

Selain itu, kambing maupun domba yang dijual dalam keadaan sehat harus memenuhi persyaratan umur untuk hewan kurban. Nantinya, DKPP akan memberikan surat keterangan kesehatan hewan ternak kurban kepada para penjual.

DKPP mencatat, untuk ketersediaan ternak kurban baik sapi maupun domba dan kambing mencukupi. Secara populasi di Jember, ada lebih dari 274 ribu ekor sapi, dan sekitar 500 ribu kambing dan domba. 

“Biasanya kebutuhan untuk kurban itu sekitar 5 persen dari populasi tersebut,” tutup Elok.(*)


Tags:

Idul adha kesehatan Hewan kurban Kurban Jember sidak

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: