Toko Bangunan Terbakar, Jalur Probolinggo - Lumajang Macet

Jurnalis: Tunjung Mulyono
Editor: Muhammad Faizin
6 Sep 2023 | 20:21
Sampul Toko Bangunan Terbakar, Jalur Probolinggo - Lumajang Macet
Seorang anggota Damkar Kota Probolinggo saat berjibaku memadamkan api di lokasi kebakaran, Rabu (6/9/2023)/Foto: Tunjung Mulyono/Ketik.co.id

KETIK, PROBOLINGGO – Warga kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, kota Probolinggo digegerkan dengan peristiwa kebakaran toko bangunan, Rabu (6/9/2023) pukul 18.15 WIB.

Dua unit mobil pikap dan seisi toko bangunan ludes terbakar. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang sempat memacetkan jalur Probolinggo - Lumajang itu.

Butuh 2 unit mobil pemadam kebakaran dari Damkar Kota Probolinggo untuk mampu memadamkan kobaran api itu.

Pantauan ketik.co.id di lokasi, asap hitam dari kebakaran itu sangat mengganggu para pengguna jalan Probolinggo - Lumajang yang melintas di dekat lokasi kebakaran yang berada tepat ditepi ruas jalan tersebut. 

Hal itu dikarenakan asap kebakaran itu sangat pekat dan berbau menyengat. Sehingga membuat para pengguna jalan yang melintas, memilih untuk berhenti atau memutar balik untuk menghindari asap tersebut. Sehingga kemacetan panjang di jalur itu pun tak terelakkan. 

Komandan Regu III Damkar Kota Probolinggo Kirno menyebutkan, butuh 2 unit mobil Damkar untuk bisa memadamkan kobaran api di toko bangunan milik Eva warga setempat itu.

Menurutnya kebakaran itu pada awalnya cukup sulit diatasi dan harus ditangani secara hati-hati. Karena terdapat 2 unit mobil yang terbakar dan isi toko bangunan yang berisikan material mudah terbakar. 

"Kami fokus memadamkan api yang membakar mobil pikap itu terlebih dahulu. 1 unit berhasil kami selamatkan, namun 1 unit lainnya ludes terbakar. Baru selanjutnya memadamkan kobaran api pada bangunan toko," ungkapnya, Rabu (6/9/2023). 

Untuk mempermudah proses pemadaman api, pihak Damkar sengaja menutup jalur Probolinggo - Lumajang via Kota Probolinggo selama beberapa saat. Tujuannya agar memudahkan timnya dalam memadamkan kobaran api.

"Alhamdulillah api sudah berhasil kami padamkan. Namun kerugian materinya, kami taksir hingga ratusan juta rupiah," sebutnya. 

Lebih lanjut, Kirno menjelaskan belum bisa memastikan penyebab kebakaran itu. Namun Damkar menduga kebakaran itu diakibatkan oleh korsleting listrik pada salah satu mobil pikap yang lantas merembet dan membakar toko bangunan itu."Dari keterangan awal, sumber apinya dari mobil itu," ujarnya. 

Sementara itu, Solihin, salah seorang saksi mata menyebut kebakaran itu memang awalnya berasal dari salah satu mobil pikap L 300 yang tengah terparkir di depan toko bangunan tersebut.

"Asal apinya dari mobil L300 itu. Kemudian membesar dan terkena angin. Lalu terbakarlah toko bangunan itu," katanya singkat. (*)


Tags:

kebakaran probolinggo Mobil pikap DAMKAR

Berita Lainnya oleh Tunjung Mulyono: