Tujuh Hari Tercebur Laut, Tim SAR Gabungan Temukan Jenazah ABK Kapal Indo Jaya

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Muhammad Faizin
9 Sep 2023 | 21:11
Sampul Tujuh Hari Tercebur Laut, Tim SAR Gabungan Temukan Jenazah ABK Kapal Indo Jaya
Jenazah Casmundi yang merupakan Anak Buah Kapal (ABK) yang tercebur selama 7 hari, Sabtu (9/9/2023). (Foto : SAR Banyuwangi)

KETIK, BANYUWANGI – Tim SAR gabungan berhasil menemukan jenazah Casmundi (28) pada Sabtu (09/09/2023). Korban merupakan ABK Kapal Indo Jaya yang dilaporkan jatuh ke laut, saat kapal sedang lego jangkar di area perairan Kalipuro, Banyuwangi pada Sabtu (02/09/2023) lalu.

Jenazah korban ditemukan usai tim SAR gabungan mendapatkan informasi dari Polair Jembrana Bali bahwa sekitar pukul 08.30 WIB telah ditemukan jenazah di Pantai Perancak, Jembrana Bali.

"Informasi penemuan jenazah tersebut kemudian diteruskan ke pihak KM Indo Jaya, sekitar pukul 09.50 WIB identitas jenazah dikonfirmasi merupakan korban yang dicari atas nama Casmundi," jelas Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Surabaya, Haris Supardi, Sabtu (9/9/2023).

Sebelumnya, Basarnas Surabaya mengerahkan tim rescue Pos SAR Banyuwangi pada Minggu (3/9/2023) setelah menerima informasi kejadian jatuhnya korban ke laut. Tim rescue Pos SAR Banyuwangi kemudian melakukan pencarian selama tujuh hari bersama tim SAR Gabungan.

Adapun unsur yang terlibat dalam pencarian ini antara lain Pos SAR Banyuwangi, Polair Banyuwangi, Lanal Banyuwangi, BPBD Banyuwangi, KP3 Tanjungwangi, BPTD Ketapang Banyuwangi, KPLP Tanjungwangi, RAPI Banyuwangi, dan 851 Banyuwangi.

"Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR terhadap Casmundi ditutup. Namun tim rescue lainnya dari Pos SAR Banyuwangi bersama tim SAR gabungan saat ini masih melaksanakan juga operasi SAR terhadap 3 ABK Kapal Mekar Jaya di Pantai Grajagan," imbuh Haris. (*)


Tags:

SAR Basarnas Surabaya Banyuwangi Orang Tercebur Rescue ABK terjatuh di laut

Berita Lainnya oleh Moch Khaesar: