Uji Coba Satu Arah Jl Abdul Hamid, Sopir Angkot Pasuruan Protes

Jurnalis: Ahmad Zainurrifan
Editor: Marno
30 May 2023 | 04:00
Sampul Uji Coba Satu Arah Jl Abdul Hamid, Sopir Angkot Pasuruan Protes
Jl Abdul Hamid Kota Pasuruan yang diuji coba satu arah. (Foto: Ahmad Zainurrifan/Ketik.co.id)

KETIK, PASURUAN – Puluhan sopir angkutan kota (angkot) mengeluh. Pasalnya, mereka meminta pengecualian dalam  uji coba satu arah bagi kendaraan roda empat di Jalan KH Abdul Hamid. Karena pemberlakuan satu arah tersebut menyebabkan pendapatan sopir menurun drastis.

Ketua Primer Koperasi Angkutan Darat (Primkopangda) Pasuruan, Mashudi, mengatakan uji coba jalur satu arah di Jalan KH Abdul Hamid itu selama sebulan itu membuat dua trayek angkot kelimpungan."Ada dua trayek lewat situ, susah sekarang. Mohon dikecualikan untuk angkot," kata Mashudi, Selasa (30/5/2023)

Mashudi menambahkan di jalan itu paling banyak penumpang, karena ada beberapa pondok pesantren besar yang santrinya mencapai ratusan orang .

"Setelah sistem satu arah berlaku, otomatis pendapatan angkot berkurang. Karena penumpang baik santri maupun wali santri harus turun di Jalan Gajah Mada. Mereka jauh jalan ke pondok," ungkap Mashudi.

Merespons tuntiutan para sopir angkot, Sementara itu Kepala Dishub Kota Pasuruan, Andriyanto mengatakan akan menindaklanjuti dengan memasang papan tambahan rambu "Kecuali Angkota"."Iya, akan dipasang papan tambahan rambu lalu lintas "kecuali angkota" dalam waktu dekat," kata Andri.

 Dishub Kota Pasuruan memberlakukan uji coba sistem satu arah untuk kendaraan roda empat di Jalan KH Abdul Hamid. Pemberlakukan sistem satu arah ini untuk mengurangi kemacetan di jalan tersebut.

Dalam aturan baru ini, Jalan KH Abdul Hamid hanya diperuntukkan bagi kendaraan roda empat dari arah utara ke selatan atau dari Jalan Raya Soekarno-Hatta. Kendaraan roda empat dari arah sebaliknya, selatan ke utara atau dari Jalan Gajah Mada, dilarang masuk. Uji coba dimulai Senin (15/5) selama sebulan. (aza)


Tags:

Dishub Kota Pasuruan Uji coba satu arah Jl Abdul Hamir Sopir angkot

Berita Lainnya oleh Ahmad Zainurrifan: