Universitas Jember Tembus Klaster Mandiri Kemendikbudristek 2023

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat
14 Mar 2023 | 10:26
Sampul Universitas Jember Tembus Klaster Mandiri Kemendikbudristek 2023
Kampus Universitas Jember (Foto: Humas Universitas Jember)

KETIK, JEMBER – Universitas Jember (Unej) memiliki komitmen menjalankan tanggung jawab Tri Dharma Perguruan Tinggi demi menciptakan perguruan tinggi yang unggul.

Kini, Unej masuk Klaster Mandiri Kemendikbudristek 2023 usai meraih predikat Badan Layanan Umum (BLU) terbaik di bidang pendidikan 2022 dari Menteri Keuangan, serta mendapatkan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) untuk Fakultas Hukum.

Hal itu diraih melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta upaya untuk menjadi Good University Government (GUG) atau penyelenggaraan perguruan tinggi yang baik. 

Kabar tersebut disampaikan Rektor Unej Dr. Ir. Iwan Taruna, M. Eng, IPM dalam pidatonya saat upacara wisuda perguruan tinggi periode V tahun akademik 2022/2023 yang digelar di Gedung Auditorium kampus setempat.

"Kami berkomitmen menjalankan amanah Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mewujudkan perguruan tinggi yang unggul baik melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta berusaha mewujudkan Good University Government," ujarnya.

Menurut Iwan Taruna, pencapaian prestasi ini terwujud berkat kerjasama dan kekompakan seluruh pihak Universitas Jember. Meliputi mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan, dan para pemangku kepentingan lainnya. 

"Hanya ada empat puluh perguruan tinggi yang masuk Klaster Mandiri dari 880 perguruan tinggi akademik dan 162 perguruan tinggi vokasi di Indonesia yang masuk penilaian Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat Ditjen Dikti," ujar Iwan Taruna.

Kemendikbudristek membagi kinerja riset dan pengabdian kepada masyarakat perguruan tinggi di Indonesia menjadi Klaster Mandiri, Klaster Utama, Klaster Madya dan Klaster Pratama. 

Penilaian tersebut didasarkan pada data kinerja riset yang meliputi jumlah dosen yang melaksanakan riset, afiliasi riset, kondisi jurnal ilmiah, dan jumlah riset yang dilakukan. 

Sementara di bidang pengabdian kepada masyarakat, Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Masyarakat sebagai penilai melihat bagaimana sebuah perguruan tinggi mengelola kegiatan pengabdian kepada masyarakat, pengelolaan hak atas kekayaan intelektual dan buku yang dihasilkan oleh para dosen.

Rektor Universitas Jember juga memberikan pesan kepada seluruh wisudawan agar tidak merasa minder dan takut untuk bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain di pasar kerja. Pasalnya, Universitas Jember sudah sejajar dengan perguruan tinggi lainnya.(*)


Tags:

Universitas Jember Unej klaster mandiri kemendikburistek 2023 Rektor BLU kampus

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: