Wabup Probolinggo Tolak Israel di Laga Piala Dunia  U-20

Jurnalis: Atiq Alirahbini
Editor: Marno
23 Mar 2023 | 21:15
Sampul Wabup Probolinggo Tolak Israel di Laga Piala Dunia  U-20
Wabup Probolinggo H.A. Timbul Prihanjoko di sela sela aktivitasnya menjalankan ibadan umrah di Tanah Suci, Kamis (23/3/2023). (Foto/dok. H.A. Timbul Prihanjoko untuk Ketik.co.id)

KETIK, PROBOLINGGO – Sikap menolak Timnas Israel tampil di laga Piala Dunia U-20, juga dilakukan orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo. Wabup H. A. Timbul Prihanjoko, menyatakan sikap menolak timnas Israel, disela sela menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci Makkah, Kamis (23/3/2023).

"Ini adalah bentuk nyata solidaritas terhadap bangsa Palestina, yang sampai saat ini masih ditindas oleh Israel," ujar Pak Joko, sapan akrab H.A. Timbul Prihanjoko ini, kepada Ketik.co.id.

Selain itu, dia mengaku, sikapnya ini bukan bertolak belakang dengan politik luar negeri Indonesia yang menganut paham bebas dan aktif. 

"Komitmen politik dalam negeri juga jangan dikesampingkan. Bagaimana aksi saudara saudara kita sebangsa dan setanah air, dalam ikut mendukung dan memperjuangkan kemerdekaan untuk Palestina. Karenanya, meski tanpa Israel olahraga tetap harus maju berkembang," katanya.

Selain itu, Pak Joko mengingatkan, bentuk komitmen perjuangan Presiden Pertama Indonesia Soekarno, yang begitu gigih memperjuangkan kemerdekaan Palestina, yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non'-Blok, dan maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. 

"Dari berbagai literasi konteks kebangsaan, saya menyatakan sikap menolak timnas Israel tampil di laga tersebut," tandas Pak Joko.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia , berlangsung mulai 20 Mei sampai 11 Juni 2023. Salah satu peserta Piala Dunia U-20 adalah Timnas Israel sebagai perwakilan dari UEFA.(*)


Tags:

Pak Joko Probolinggo Wabup Timbul Prihanjoko Tolak Israel Probolinggo Tolak Israel

Berita Lainnya oleh Atiq Alirahbini: