44.697 Penumpang Naik Kereta Api dari Daop 9 selama Libur Waisak

Jurnalis: Fenna Nurul
Editor: M. Rifat
27 May 2024 | 10:15
Sampul 44.697 Penumpang Naik Kereta Api dari Daop 9 selama Libur Waisak
Penumpang kereta api naik dari Stasiun Jember (26/5/2024) (Foto: Humas KAI Daop 9)

KETIK, JEMBER – Selama libur panjang Hari Raya Waisak 22-26 Mei 2024, Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat telah melayani 44.697 penumpang kereta api. Wilayah Daop 9 mencakup Pasuruan sampai Banyuwangi.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan delapan persen dibanding periode yang sama pada pekan sebelumnya. Saat itu mereka hanya melayani pelanggan sejumlah 41.341.

Kota Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Jakarta menjadi tujuan paling diminati para pelanggan. Kereta api favorit penumpang yakni KA Sritanjung, KA Tawangalun, dan KA Probowangi, juga tiga kereta api kelas komersial.

“Ada tiga kereta api kelas komersial lain yang juga diminati, KA Pandalungan relasi Jember – Gambir, KA Ranggajati Jember – Cirebon dan KA Wijayakusuma dari Ketapang tujuan Cilacap. Ketiganya tiket habis terjual selama 5 hari periode libur panjang Waisak,” kata Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember Cahyo Widiantoro, Senin (27/5/2024).

Pada hari terakhir libur panjang, Minggu (26/5/2024), sebanyak 9.487 pelanggan menggunakan kereta api dari wilayah Daop 9 menuju beberapa kota tujuan. Data tersebut direkam pada pagi hari.

“Jumlahnya pasti bertambah karena ada kereta yang berangkat pada jadwal berikutnya,” tutur Cahyo.

Sementara itu, salah satu penumpang yang turun di Stasiun Jember, Rahmi, mengatakan dia sengaja menggunakan moda transportasi kereta api untuk pulang kampung selama libur panjang rangkaian peringatan Hari Waisak, cuti bersama, dan akhir pekan ini.

"Libur panjang kemarin naik kereta tujuan Surabaya untuk pulang ke rumah orang tua. Sekarang kembali lagi karena kerja di Jember,” urainya.(*)


Tags:

Hari Raya Waisak okupansi penumpang kereta api Daop 9 Jember

Berita Lainnya oleh Fenna Nurul: